Proses dan Tahap Poles Mobil di Extreme Autocare

Proses dan Tahap Poles Mobil – Diera modern saat ini, mobil merupakan salah satu kendaraan yang tidak asing lagi untuk di temui. Dalam penggunaannya sehari hari mobil butuh perawatan ekstra supaya tampilan visualnya bertahan seperti baru.

Masalah yang ditemui biasanya mobil dalam keadaan berjamur yang sulit di hilangkan, kemudian tidak ada nya waktu untuk merawatnya sendiri kemudian didiamkan betahun tahun dan akan menutupi seluruh body mobil. Waterspot atau jamur mobil ini banyak penyebabnya, mulai dari air hujan atau air yang tidak sempat di bersihkan saat sisa pencucian harian. Biasanya waterspot ini akan mengganggu visual pada cat dan kaca mobil anda.

Jika sudah terlanjur, inilah alasan kuat para pemilik mobil untuk mencari workshop salon mobil terdekat. Dalam pencarian, ada 2 model workshop salon mobil, yaitu mobil dikerjakan di Workshop spesialist atau Mobil dikerjakan di rumah atau salon mobil panggilan.

Berikut kami jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan 2 jenis penyedia jasa autodetailing ini:

 

Mobil dikerjakan di Workshop Autodetailing

Pelindung Cat Mobil Jogja

Kelebihan:

  • Tidak terganggu bising nya mesin poles
  • Tidak menyediakan listrik besar mengingat alat poles mobil ber daya besar minim 700 watt dan minimal 2 personil yang mengerjakan
  • Tidak menyediakan tempat khusus selama pengerjaan

kekurangan:

  • Harus menyediakan waktu untuk mengantar mobil ke workshop
  • Meluangkan waktu mobil untuk tidak dipakai minimal 1 malam
  • Tidak bisa sewaktu waktu mengontrol mobil

 

Mobil dikerjakan di Rumah / Salon Mobil Panggilan

Kelebihan:

  • Tidak repot untuk mengantar mobil ke workshop salon mobil
  • Dapat sewaktu waktu mengontrol pengerjaan mobil
  • Walau dalam proses salon, mobil berada di rumah

Kekurangan:

  • Harus menyediakan listrik berdaya besar, mengingat alat poles berdaya besar
  • Bising yang mengganggu dalam rumah dan keadaan sekitar
  • Halaman menjadi kurang terjaga kebersihannya

 

Dalam proses menjadi mengkilap, ada beberapa step yang kami kerjakan sehingga mengapa salon mobil ini membutuhkan waktu minimal 7 jam untuk menyelesaikan salon bagian luar saja. Berikut penjelasannya untuk langkah langkah dan obat yang digunakan salon mobil.

 

1. Prepare,

Pada tahap prepare mobil kami Cuci kemudian kami clay bagian cat agar halus dan menghilangkan noda aspal yang menempel. Kemudian,  kami hilangkan kerak-kerak pada selah-selah cat yang biasa muncul karena sisa sisa pencucian yang tak tersentuh lap chamois. Kemudian kami diamkan sejenak sampai kondisi mobil benar-benar dingin cat nya (jika datang saat panas terik). Pada tahap prepare dibutuhkan ketelitian agar kontaminasi pada cat sudah benar benar hilang dahulu sebelum lanjut pada proses correction.

salon mobil jogja

 

2. Compounding, 

Compounding merupakan tahap pertama pada tahap correction. Pada tahap ini detailer akan mengembalikan warna cat yang pudar kembali cerah, goresan yang berada di atas cat akan hilang dan goresan bekas pencucian yang salah akan hilang. Namun pada tahap ini kondisi cat belum 100% sempurna bersih dan kilap, harus melalui tahap selanjutnya. Compound biasanya menggunakan chemical yang lebih kasar dari polishing, agar tugas meng cutting goresan dan meratakan kembali permukaan cat. Pada tahap ini membutuhkan feeling yang baik, karena jika meleset perkiraan antara mesin poles memutar dan gerakan yang tidak tepat, akan menimbulkan defect baru, atau cat terkikis terlalu banyak.

 

3. Polishing/Glaze,

Polishing merupakan tahap berikutnya setelah tahap compounding. Setelah cat di cutting menggunakan compound, maka polishing akan membersihkan bekas tahap pada Compounding hingga benar-benar bersih bebas dari hologram atau light swirls. Polishing ada yang akan menaikkan warna sekaligus atau hanya menghilangkan bekas compounding tanpa menaikkan dan mengkilapkan warna, semua tergantung dari obat yang digunakan. Terkadang disinilah yang membedakan mahal murahnya dari ongkos dalam sebuah detailing. Banyak pelaku bisnis autodetailing yang mengejar murah, dengan mengurangi langkah ini.

salon mobil jogja

 

4. Finishing, 

Finishing merupakan tahap setelah proses polishing.  Pada tahap ini  dimana cat akan dibuat seperti basah dan tampak kilap. Dengan obat khusus finishing, cat akan lebih terlihat basah dan seolah menutup smua goresan samar dan kecil. Finishing tidak membutuhkan kecepatan tinggi pada mesin poles, menggunakan foam poles yang sangat halus dan hanya meratakan ke semua bagian cat hingga meresap sempurna.

salon mobil jogjakarta

 

 

5. Precoat,

Precoat merupakan tahap akhir dalam proses correction. Tahap ini biasanya di gunakan bagi customer yang menginginkan mobilnya di lapis nano ceramic coating. Precoat tahapnya sama seperti finishing namun menggunakan obat yang berbeda. Precoat akan membentuk lapisan yang semi permanent untuk memperkuat hasil correction, agar dalam penutupan terakhir melapisi coating, cat tidak kembali baret halus. Karena banyak mobil mobil saat ini yang memiliki karakter cat yang empuk/ soft paint. Karakter soft paint ini akan menyulitkan detailer dalam proses detailingnya, akan mudah tergores jika kena kain mf dan obat yang digunakan juga tidak bisa sembarang obat, harus yang sesuai dengan karakter soft paint.

 

6. Pelapisan coating/ Nano Ceramic Coating

Pada tahap ini merupakan tahap terakhir dari detailing, dimana ada perbedaan antara Paket Salon Mobil Reguler maupun Premium dengan Paket Nano Ceramic Coating. Pada Paket Salon Mobil Reguler biasanya workshop melapisi Proteksi dengan polymer atau wax atau sejenisnya, kemudian pada Paket Nano Ceramic Coating workshop melapisi dengan Berbagai jenis Nano Coating sesuai paket nya. Nano Ceramic Coating pada dasarnya adalah SiO bahan pembuat kaca, diolah dengan teknology nano yang akan sangat aman di aplikasikan di cat mobil maupun kaca. Cairan ini akan mengeras dan melapisi hingga ke pori pori cat, sehingga cat akan mudah di bersihkan dan tidak mudah jamuran.

Nano Ceramic Coating jogja

 

 

Twitter Link

Chat Whatsapp